Majalah Inspirasi BSI

10 Film tentang Ayah dan Anak yang Inspiratif dan Memotivasi

the-kid

Majalahinspirasi.net, JAKARTA – Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan pesan kepada penonton. Bagi banyak orang Film bukan hanya sekedar hiburan, tapi juga untuk bahan inspirasi dan motivasi. Film bertemakan Ayah dan anak banyak sekali diminati orang karena ayah adalah sosok yang sering kali diidolakan oleh anak dalam Film. Berikut adalah Film Film inspiratif bertemakan Ayah dan Anak.

  1. The Kid (1921)

the-kid

Film yang dibintangi Charlie Chaplin ini mengisahkan  tentang seorang tukang kaca yang sangat miskin yang pada suatu hari menemukan seorang bayi. Walaupun miskin ia merasa kasihan pada anak tersebut dan mengadopsinya hingga besar. Semua berjalan baik-baik saja dan mereka hidup bahagia hingga orang tua kandung dari anak tersebut datang dan mengubah kebahagiaan mereka.  Film ini disutradarai, ditulis, dan dibintangi oleh charlie chaplin.

 

  1. Paris,Texas (1984)

BLOW OUT_164.tif

Di sepanjang film penonton disuguhi upaya keras seorang ayah sekaligus suami melawan amnesia, mencari-cari kepingan masa lalu yang tercecer, menyusun ulang sembari berharap bisa kembali utuh seperti semula. Saat kenangan itu mulai tersusun ia menjemput anaknya disekolah yang selama ini diasuh oleh paman dan bibinya. Mereka berduapun memutuskan untuk mencari sang ibu, pencarian itupun menjadi petualangan antara ayah dan anak yang sangat seru. Hubungan ayah dan anak ini berawal dengan sangat canggung dan berakhir dengan sangat haru. Film tersebut disutradarai oleh Wim wenders dan ditulis oleh Sam shepard.

  1. Parenthood (1989)
PARENTHOOD, Steve Martin, Jasen Fisher, 1989, (c)Universal Pictures
PARENTHOOD, Steve Martin, Jasen Fisher, 1989, (c)Universal Pictures

Memiliki anak yang sangat lamban dan tidak disiplin  membuat seorang ayah yang perfeksionis ini stres berat.  Keadaan pun bertambah parah ketika keponakannya yang masih remaja hamil diluar nikah. Semua kekacauan yang tersaji dalam Film ini dibungkus dengan sangat rapi oleh Ron Howard dan ditulis oleh Lowell ganz. Film bernuansa komedi ini sangat layak untuk ditonton.

 

 

 

  1. Finding Nemo (2003)

finding-nemo

Film Animasi yang berkisah tentang seekor ikan badut yang trauma karena kematian istrinya sehingga over protektif pada anaknya . seekor anak badut itupun menentang ayahnya yang protektif dan ingin membuktikan bahwa hidup dilaut itu tidak berbahaya. Namun ternyata kedatangan manusia kelaut mengubah cara pandang sang anak. ada beberapa penyelam yang membawa seekor anak ikan badut itu ke sydney. Sang ayahpun mencari jejak penyelam tersebut dan menyelamatkan anaknya. Film ini disturadarai oleh Andrew stanton dan ditulis oleh Bob peterson.

  1. Like Stars On Earth (2007)

like-stars-on-earth

Film india ini mengisahkan seorang anak yang berbeda dengan anak-anak normal lainnya. Anak istimewa ini memiliki kakak yang sangat berbakat dalam berbagai bidang dan hal tersebut malah membuatnya sangat tertekan karena selalu dibanding-bandingkan dengan kakaknya. Ditambah lagi cara sang ayah yang mendidik dengan keras membuat sang anak nyaris depresi. Anak istimewa itupun dipindahkan dari sekolahnya kesekolah yang sangat jauh dari keluarganya. Tapi ia bertemu seorang guru yang mendidiknya dengan benar. Dan saat pembagian rapot anak istimewa tersebut memukau seluruh keluarganya. Film ini Disutradarai oleh Amir khan dan ditulis oleh Amole gupte.

Dari sekian banyak Film Tentang ayah dan anak, Film film diatas sangat mewakili hubungan antara ayah dan anak dengan berbagai karakter.

  1. Boyhood (2014)

boyhood

Film yang dibuat sangat lama ini berkisah tentang kehidupan seorang anak laki-laki dari TK hingga lulus SMA. Agar mendapatkan penuaan yang real Richard linklater memproduksi film ini selama 12 tahun. Penonton akan disajikan momen-momen dramatis dalam hidup  sang anak, terutama momen kebersamaan dengan ayahnya. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Richard linklater ini sangat menarik untuk diikuti kisahnya.

 

7. Life is Beautiful (1997)

life-is-beautiful

Film tentang seorang pria yang menjalani hidup dengan sangat santai. Dengan selalu berfikir positif ia bertemu pujaan hatinya, menikah dan dikaruniai satu orang anak. Mereka bertiga hidup bahagia hingga perang dunia kedua memisahkan mereka dari ibunya. Tentara Nazi dikenal sangat kejam dalam film ini. Disutradarai oleh Roberto benigni dan ditulis oleh Vincenzo cerami.

 

  1. Real Steel (2011)

real-steel-2

Boxing antar manusia sudah membosankan kala itu. Tibalah era boxing robot untuk pertarungan yang lebih hebat. Sang ayah adalah mantan petinju yang memiliki banyak hutang karena sering kalah taruhan, dan sang anak genius yang bisa memperbaiki robot rusak berkolaborasi dan menciptakan robot tak terkalahkan, meski robot itu adalah robot bekas yang ditemukan dalam gudang. Film ini disutradarai oleh Shawn Levy.

 

  1. Miracle i Cell no 7 (2013)

miracle-in-cell-no-7-2

Film korea selatan tahun 2013 memiliki genre komedi drama, seorang ayah (ryu seung-ryong) yang memiliki kecacatan mental difitnah memperkosa dan membunuh seorang anak kepala polisi. dan anaknya (kal so-won) berusaha belajar hingga besar dan menjadi pengacara untuk ayahnya. Dalam penjara sang ayah selalu ditolong oleh teman temannya disel untuk membawa masuk anaknya kedalam sel secara diam diam. film yang disutradarai dan ditulis oleh lee hwan-kyung ini menjadi sangat haru setelah tau bahwa sang ayah telah dihukum mati.

 

  1. Sabtu bersama Bapak (2016)

hqdefault

Mengisahkan seorang ayah yang mengetahui bahwa hidupnya tak akan lama lagi karena mengidap penyakit parah, sementara kedua anaknya masih kecil. Sang ayah merekam beberapa Video yang berisikan pesan-pesan kepada anak-anaknya. Dan video tersebut hanya diputarkan oleh ibunya setiap hari sabtu. Film ini disutradarai oleh Monty Tiwa dan ditulis oleh Adhitya Mulya. (Faishal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net