Majalah Inspirasi BSI

10 Film yang Mengajarimu Arti Hidup

the-teory-of-everything

Kita hidup didunia pasti pernah mengalami masalah. Sampai terkadang kita nyaris putus asa dan merasa tidak sanggup menghadapai kenyataan yang menimpa kita. Dalam Film film dibawah kita akan belajar untuk lebih menghargai hidup kita.

1. The Theory of Everything (2014)

the-teory-of-everything

Film biopik astrofisikawan bernama Stephen hawking. Diangkat dari memoar istri pertamanya Jane hawking yang berjudul Travelling to infinity : My life with Stephen. Pada 30 menit pertama kita akan dibawa pada masa kuliah Stephen yang luar biasa. Saat mencoba mengerjakan tesisnya Stephen mengalami sakit syaraf motorik yang membuat tubuhnya lumpuh secara perlahan. Stephen yang diklaim oleh dokter hanya akan hidup 2 tahun ini sangat putus asa, namun Jane sang istri terus memberinya harapan hidup dan ia bisa hidup sangat lama dan melahirkan penemuan-penemuan gila seperti yang kita kenal sekarang yaitu teori Black hole. Film ini disutradarai oleh James marsh.

2. Grave of the Fireflies (1988)

grave-of-the-fireflies

Film animasi yang berjudul grave of the fireflies mengangkat tema kakak adik yang bertahan hidup ditengah perang dunia. Film yang super sedih ini diawali dengan jatuhnya bom bom api dari pesawat amerika. Sang kakak terus berbohong kepada adiknya soal ibunya yang meninggal terbakar. Mereka pulang kerumah bibinya dikota dan hanya membawa abu ibunya yang terbakar ludes. Setelah bibinya meninggal ia hanya tinggal dalam goa dan bertahan hidup dari mencuri makanan dipasar. Saat sang adik sakit, kakaknya membawa ia kerumah sakit tapi tidak diberi obat karena pihak rumah sakit tahu bahwa mereka tidak akan sanggup membayar. Penulis dan sutrada Film tersebut adalah Isao Takahata.

3. Me before you (2016)

me-before-you

Will Traynor sangat mencintai hidupnya, dia telah pergi ke berbagai tempat dan melakukan berbagai hal yang disukai, seperti olahraga ekstream, menjadi pengusaha sukses, memiliki segalanya. Namun, sebuah kecelakaan membuatnya lumpuh dari leher ke bawah, dia menderita quadriplegia. Ia hidup dalam keputusasaan dan memutuskan untuk bunuh diri tapi ia memiliki pengasuh bernama Louisa clark, wanita berusia 26 tahun yang baru saja kehilangan pekerjaannya tapi tetap menjalani hidupnya dengan ceria. Diawal Film terlihat sekali usaha Clark yang berusaha mencari perhatian Traynor agar mau diasuh olehnya, hingga mereka saling suka. Film ini disutradarai oleh Thea Sharrock.

4. The fault in our star (2014)

fault-in-our-star

Film arahan sutradara Josh Boone ini menceritakan tentang Hazel Grace Lancaster remaja 17 tahun yang merupakan penderita kanker tiroid stadium 4 dan kankernya juga menjalar ke paru-parunya. Si hazel ini harus membawa tabung oksigen seperti koper kemana-mana. dokter dan orang tuanya beranggapan bahwa Hazel mulai nunjukkin gejala depresi karena kanker yang dialaminya tapi hazel tidak merasa seperti itu. Orangtuanya menyarankan Hazel untuk ikut supporting grup tapi hazel tidak mau Sampai akhirnya Augustus Waters penderita osteosarcoma yang mesti kehilangan satu kakinya dan mesti pake kaki buatan datang ke support group.

5. Cast away (2000)

cast-away

Cerita film yang sederhana namun memberikan pelajaran hidup yang cukup baik. Seorang eksekutif muda yang mendapat tugas memperluas usahanya kewilayah pasific. Sebelum berangkat, eksekutif muda tersebut melamar kekasihnya dan berniat menikahinya setelah pulang dari pasific. Namun pesawat yang membawanya itu mengalami kecelakaan dan hanya eksekutif muda itu yang selamat. Hiduplah ia seorang diri dipulau asing, caranya bertahan hidup mengingatkan kita pada zaman purbakala. Rasa kangen ia pada kekasihnya juga mendorong ia untuk pulang. iapun nekat membuat rakit selama 4 tahun. Film ini disutradarai oleh Robert zemeckis.

6. The Fundamentals of Caring (2016)

the-fundamentals-of-caring

Film yang tergolong dalam kategori Drama komedi ini sangat membawa pelajaran yang berharga. Film yang bercerita tentang dua orang yang memiliki kecacatan secara fisik maupun secara emosional. Mereka berduapun bertemu dan chemistry mereka saling tarik menarik dengan kedatangan seorang gadis muda yang  mereka temui diperjalanan menuju  tepat impian Trevor. Film ini disutradarai oleh Rob Burnett dan diproduksi oleh Worldwide Pants. Film yang dirilis tahun 2016 ini diadaptasi dari novel karya Jonathan Evison yang berjudul The Revised Fundamental Of Caregiving.

7. Miracles form Heaven (2016)

miracles-from-haeven

Miracles from heaven diangkat dari sebuah novel berjudul Three Miracles From Heaven: A Sick Little Girl, Her Journey to Heaven, dan the Lives Forever Changed. Bercerita tentang seorang wanita cantik yang menderita penyakit ileus obstruksi yaitu penyakit gangguan pencernaan. Setelah mengetahui tentang penyakitnya, wanita itu terpaksa harus membawa tabung makanan setiap saat agar gizi sehari-harinya terpenuhi. Suatu ketika sakit yang dialaminya itu menghilang secara tiba-tiba karena ia jatuh pohon. Film bergenre drama ini disutradarai oleh Patricia riggen.

8. The bucket list (2007)

the-bucket-list

Seorang mekanik yang menderita penyakit kanker harus dirwat inap. Dan teman sekamarnya adalah milyader yang memiliki banyak rumah sakit. Awalnya sang milyarder keberatan karena sekamar dengan seorang mekanik. Namun setelah sekian lama mereka menderita penyakit yang sama mereka jadi akrab. Selama dirumah sakit mereka menulis bucket list yaitu list perjalanan kemana mereka ingin pergi. Mengetahui umurnya yang tidak sampai setahun lagi. mereka berdua memutuskan berhenti dirawat inap dan mulai menjelajahi dunia. film komedi drama Amerika 2007 ini disutradarai oleh Rob Reiner.

9. 3 Idiot (2009)

3-idiot

bercerita tentang sisi lain dari sistem pengajaran di India, bahkan hampir di seluruh lembaga pendidikan dunia.  menurut statistik, India menempati rangking tertinggi dalam jumlah pelajar bunuh diri setiap tahunnya. Tekanan untuk meraih prestasi terbaik guna memperbaiki derajat kehidupan keluarga merupakan alasan yang paling banyak menyebabkan para pelajar ini memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan paksa. Hal ini pun terjadi di ICE, Imperial College of Engineering, yang konon adalah salah satu lembaga pendidikan favorit di India, tempat ketiga pemeran utama menuntut ilmu. Film tersebut disutradarai Vidhu Vinod Chopra.

10. Lovely Man (2011)

lovely-man

Film karya anak bangsa ini bercerita tentang seorang gadis lulusan pesantren yang berusia 19 tahun yang mencari ayahnya di Jakarta. Cahaya ditinggal oleh ayahnya Saiful sejak umur empat tahun Namun Cahaya mendapati kenyataan bahwa ayahnya adalah seorang transgender. Kekecewaan pun melanda Cahaya yang awalnyamembayangkan ayahnya adalah seorang ayah ideal. Pertemuan antara Cahaya dan Saiful di jalan tempat ayahnya bekerja. Kemudian membuka dialog diantara mereka yang terputus selama 15 tahun.

(Faishal).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net