Majalah Inspirasi BSI

10 Film Yang Mengajarkan Pentingnya Punya Harapan

3-srikandi

Untuk beberapa sutradara menghibur saja tidak cukup bisa dikatakan suksesnya sebuah Film. Sebuah Film akan sukses jika membawa pesan yang mampu mengubah cara pandang penontonnya. Berikut adalah Film-film yang membawa pesan penting dalam hidup.

  1. The Shawshank Redemption (1994)

shawshank

Film yang diproduksi tahun 1994 ini sangat wajar mendapat peringkat 1 di IMDb (Internet Movie Database) pasalnya, Film yang bertemakan penjara ini diangkat dari novel karya Stephen king. Bercerita tentang Andy seorang bankir yang difitnah membunuh istri dan selingkuhannya dan ia mendapat hukuman seumur hidup dipenjara Shawshank. Sebagai seorang bankir ia paham tentang pencucian dan penggelapan uang. Dibantu dengan temannya bernama Red ia membocorkan kasus korupsi yang dilakukan oleh kepala penjara. Film ini disutradarai oleh Frank darabont.

  1. The Pianist (2002)

the-pianist

Film yang berdasarkan kisah nyata ini disutradarai oleh Roman polanski. Menceritakan seorang pianist yahudi pada era perang dunia. Szpilman dan keluarganya mengalami pengucilan yang dilakukan oleh tentara jerman pada saat itu. Szpilman yang mengalami kerja paksa, kelaparan, penghinaan, bahkan pembantaian massal pada keluarganya tetap bertahan hidup dan membawa secercah harapan untuk bangsanya. Film yang akan membawa penonton pada keputus asaan sejati ini diproduksi pada tahun 2002.

  1. The Billionaire (2011)

the-billionaire

Film asal Thailand ini juga diangkat dari kisah nyata, Top Ittipat adalah pemilik perusahaan rumput laut Tao kae noi yang bahkan terjual hingga keIndonesia. Memulai bisnisnya secara tidak sengaja dengan menjual game online. Ia ketagihan berbisnis hingga meninggalkan pendidikannya.  Berbagai macam bisnis ia coba dan terus gagal. Hingga pacarnya memberinya rumput laut kaleng dan ia terinspirasi untuk memproduksinya. Kegagalanpun masih berlanjut hingga ia dapat berjualan dengan sistem rimba di Seven eleven.

 

  1. Life of pi (2012)

life-of-pi

Hidup dengan seekor harimau didalam kapal kecil ditengah laut yang luas bukan perkara mudah. Pi adalah anak seorang pengusaha kebun binatang, ia percaya bahwa semua makhluk bersifat baik. Ia pun menganggap bahwa harimau bukanlah hewan yang berbahaya, hingga ayahnya melarang ia untuk bermain dengan harimau dan mencontohkan bahwa harimau bukanlah hewan jinak. Harimau adalah hewan buas yang sangat berbahaya jika lapar. Pi pun jadi percaya hal tersebut. Suatu hari usaha ayahnya bangkrut dan harus pindah menggunakan kapal laut. Badaipun terjadi ditengah perjalanan dan menyisakan beberapa binatang didalam kapal tersebut. Film yang disutradarai Ang lee ini diangkat dari novel karya David magee dengan judul yang sama.

  1. The Pursuit of Happyness (2006)

the-pursuit-of-happyness

Dalam Film ini penonton akan merasa familiar karena berkaitan dengan kehidupan dan kejadian dalam hidup yaitu kekecewaan. Namun bagaimana jika kekecewaan datang tiada henti dan tanpa istirahat. Seorang ayah yang harus membesarkan anaknya tanpa uang dan tanpa tempat tinggal. Dimulai dari usahanya yang bangkrut, kemudian ditinggal sang istri, lalu mobilnya disita, dan lebih parahnya lagi ia bekerja disuatu perusahaan tanpa digaji. Tapi tanpa kesengajaan ia bertemu dengan seorang kaya menggunakan mobil ferari merah. Dan bertanya bagaimana ia bisa dapat mobil itu. Ia pun memutuskan untuk mengikuti jejak orang dengan mobil ferarri tersebut. Film ini akan membuat penonton berfikir tentang keluarga, kerabat, dan bisnis. Sang sutradara Gabrielle muccino menambahkan suasana yang lengkap dalam Film ini.

  1. Unbroken (2014)

unbroken

Film yang diangkat dari kisah nyata pada perang dunia ini disutradarai oleh Angelina Jolie. Berkisah tentang seorang atlet lari olimpiade yang lahir dari keluarga imigran italia. Perjalanan berawal dari ia mengikuti tim lari di SMAnya hingga masuk olimpiade berlin 1936. Dan saat perang dunia terjadi ia terpaksa terjun kemedan perang dan menjadi juru ledak bom pesawat united states air. Saat berperang disamudra pasific, pesawatnya mengalami kerusakan parah dan hal itu membuat ia harus terapung diperahu karet selama puluhan hari. Saat dirinya hampir dekat dengan pesisir, ia ditemukan oleh tentara jepang dan jadi tawanan selama perang berlangsung. Judul yang sama juga pernah dimuat dalam buku non-fiksi karya Laura hillenbrand.

  1. Snow Piercer (2013)

snowpiercer

Pemanasan global adalah topik nomor 1 didunia. Kemudian para ilmuan berusaha memperbaiki bumi dengan menembakan CW-7 ke atmosfer. Awalnya CW-7 hanya untuk menurunkan suhu bumi agar kembali dingin. Tetapi CW-7 tersebut mengalami kelebihan dosis hingga membuat seluruh bumi beku. Tak ada makhluk yang selamat dalam dinginnya bumi saat itu kecuali mereka yang tetap ada dalam kereta. Kereta itupun harus terus berjalan agar tetap hangat. Tapi kesenjangan sosial tetap berlaku walaupun berada dalam kereta yang sempit. Orang-orang kaya mendapat tempat yang lega dibagian depan kereta. Sedangkan para rakyat miskin berada di bagian ekor kereta. Apa masih ada harapan untuk bumi? Film yang disutradarai oleh bong joon ho ini diangkat dari novel asal perancis karya jacques lob.

  1. A Violent prosecutor (2016)

Penegak keadilan tapi berkerjasama dengan bos kriminal? Dalam Film ini hal tersebut sangat biasa. Seorang jaksa yang jujur difitnah membunuh tahanannya dan dipenjarakan selama 15 tahun. Selama 5 tahun ia mengumpulkan bukti dari dalam penjara bahwa dirinya tidak bersalah. Namun niatnya berubah saat mengenal anak muda yang terpenjara karena kasus penipuan. Dia pun membantu anak muda itu keluar dari penjara dengan imbalan terbongkarnya kasus bos kriminal yang mencalonkan diri menjadi gubernur kota. Film yang disutradarai oleh Lee II-hyeong ini mampu merajai tangga Box office diKorea selatan.

  1. Fire Proof (2008)

fireproof

Film ini menggambarkan bagaimana mudahnya setiap pasangan bercerai. Seorang pemadam kebakaran yang kecanduan film porno diinternet yang memiliki masalah dengan istrinya. Sang istri selalu mengeluhkan bahwa suaminya tidak pernah tau kebutuhan istrinya dan sang suamipun selalu mengeluhkan istrinya yang terlalu sensitif dalam segala hal. Sang suamipun tambah merasa diberatkan dengan motto pemadam kebakaran yaitu “jangan pernah meninggalkan pasangan anda dibelakang” Film ini merupakan Film rohani kristen yang disutradarai oleh Alex kendrick.

 

  1. 3 Srikandi (2016)

3-srikandi

berdasarkan kisah nyata dari tanah air. 3 srikandi dibungkus dengan sangat apik oleh Iman brotoseno. 3 wanita muda dengan masalah pribadinya masing-masing yang mempunyai satu tujuan ; memenangkan olimpiade moskow 1980. Bunga citra lestari sebagai Nurfitriyana yang berasal dari kota yang ternyata mempunyai hubungan khusus dengan sang pelatih Donald pandiangan yang diperankan oleh Reza rahardian. Lilies yang diperankan oleh Chelsea islan mendapat kabar orangtuanya meninggal beberapa minggu sebelum Olimpiade digelar. Dan Tara basro sebagai Kusuma yang berpacaran dengan seorang pelatih (Detri warmanto) yang merupakan saingan lama Donald pandiangan. Hubungan mereka menimbulkan perkelahian pribadi antara Donald pandiangan dan Detri dermanto.

Harapan juga bisa disebut Asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian akan berbuah kebaikan di waktu yang akan datang. Film Diatas merupakan Film yang berakhir bahagia berkat sebuah harapan. (Faishal)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net