Majalah Inspirasi BSI

Ambivert, Jenis kepribadian ketiga

Ambivert

Awalnya, para ahli mengatakan bahwa kepribadian manusia hanya terbagi dua yaitu Ekstrovert dan Introvert. Ekstrovert adalah orang yang gemar berinteraksi, semangatnya berasal dari luar, mereka sangat senang jadi pusat perhatian dan tidak senang di kesendirian. Sedangkan Introvert adalah mereka yang lebih memilih sendiri daripada berkumpul dengan banyak orang. Dia tidak senang menjadi pusat perhatian, dan tidak nyaman saat ditengah keramaian.

Namun, pada awal 2013 telah dimuat pada jurnal Psychologycal science yang dipimpin oleh Dr. Grant seorang psikolog di University of Pennsylvania bahwa ada kepribadian ketiga yaitu Ambivert, dan Dr. Grant mengatakan bahwa setengah dari populasi dunia ini memiliki kepribadian Ambivert.

Ambivert adalah mereka yang memiliki ciri-ciri ekstrovert dan introvert. Mereka gemar berinteraksi dalam satu waktu dan kadang tidak senang berinteraksi dalam waktu yang lain. Berikut adalah ciri-ciri kepribadian Ambivert ;

  1. Mereka merasa nyaman ditengah keramain tapi cenderung pasif dan jarang melakukan interaksi.
  2. Mereka cenderung berubah-ubah mood tergantung dengan siapa mereka bicara.
  3. Mereka lebih fleksibel dari Introvert tapi sangat kaku dibanding Ekstrovert.
  4. Mereka bisa berkompromi dengan topik yang ringan namun lebih tertarik dengan percakapan yang spesifik dan mendalam.
  5. Mereka kadang sangat diam disebuah perkumpulan namun mereka juga bisa bersuara saat dibutuhkan.
  6. Bagi seorang Ambivert berkenalan dengan orang baru cukup mudah, tapi mereka sangat pemilih untuk berkenalan dengan orang baru.
  7. Ambivert sangat sulit memilih liburan. Kadang ia memikirkan berkumpul dengan teman-teman atau menonton film dirumah sendiri.
  8. Mereka tidak pilih-pilih pekerjaan, mau bekerja secara kelompok ataupun individu, tidak masalah untuk Ambivert.
  9. Dalam sebuah rapat, Mereka tidak banyak bicara tapi mereka selalu mengeluarkan ide yang hebat dan disaat yang tepat.
  10. Ambivert kadang bingung, mereka memiliki kecenderungan keIntrovert atau ke Ekstrovert. Karena sesungguhnya, mereka memiliki keduanya.

 

Nah, Kesimpulannya mereka yang Ambivert ini seperti berada ditengah-tengah dua kepribadian yang berbeda. Dan Ambivert paling pandai mengontrol emosi diantara dua kepribadian yang lain. (Faishal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net