Majalah Inspirasi BSI

Ardian Syaf Komikus Asli Indonesia di Berhentikan Marvel Comic

nasib-komikus-ardian-syaf-setelah-edisi-kontroversial-x-men-gold_m_122752

Ardian syaf komikus asli Indonesia yang bekerja di Marvel Comic dipecat (10/4), pemecatan terjadi  karena adanya pro kontra dalam karyanya di X Men Gold #1 yang menyisipkan simbol QS 5:51 di kaus salah satu tokoh superhero dan 212 terdapat pada salah satu toko. Pada awalnya komik yang terbit pada rabu (5/4) menuai pujian dari pihak marvel, namun beberapa hari setelah itu, ardian mendapatkan banyak protes di akun social media miliknya.

“Karya saya dipuji Marvel. Tidak ada yang mempersoalkan simbol itu (awalnya),” kata Ardian seperti yang dilansir Beritagar (13/4).

Komikus yang berasal dari Tenggur, Tulungagung, Jawa Timur ini mengakui bahwa symbol QS 5:51 dan 212 hanya untuk mengenang kejadian yang terjadi di Indonesia terlebih lagi ardian syaf mengikuti serangkaian aksi 212 kemarin, tidak ada niatan rasis katanya hanya kagum dengan aksi super damai tersebut.

“Saya termasuk yang ikut aksi damai 212 di Monas, Jakarta. Peristiwa itu sangat berkesan. Saya lihat (dalam aksi), ada berjuta-juta umat muslim bersatu membela agama atas kesadaran sendiri. Didasari itu saya ingin menyimpan peristiwa itu ke dalam gambar.” Ujar Aan yang juga dilansir Beritagar.

Sebenarnya ini bukanlah awal ia menyisipkan kejadian yang ada di Indonesia pada karyanya, sebelumnya laki – laki berumur 37 tahun ini pernah menggambarkan spanduk jokowi-ahok saat pesta demokrasi DKI Jakarta 2012 lalu di komik Badgirl edisi The New 52 Nomor 9: Night of the Owls, terbitan DC Comics. saat itu ia bekerja di DC Comic, walaupum menuai pro kontra, tetapi tidak sampai kepemecatan karirnya. selain itu Aan pangilan akrabnya, mengaku pernah menyisipkan pak SBY, Ir. Soekarno, dan Garuda Pancasila.

17554514_10155040671841893_6555302753405074745_n
Badgirl edisi The New 52 Nomor 9: Night of the Owls

Setelah mendapatkan protes dari berbagai pihak di jejaring sosial, dia sudah menduga akan berakhir di pemberhentian dirinya. Sebagai seorang muslim Aan tidak takut terhadap pemecatan, dan dirinya mendapatkan masukan dari ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk bertawakal, ini akan mendapatkan ganjaran dari Allah.

Walau di pecat Marvel Comic, Ardian Syah masih banyak mendapatkan tawaran untuk menggambar baik dari dalam ataupun luar Negeri, bahkan ada 3 tawaran dari turki yang belum ia putuskan untuk mengambilnya atau tidak. (SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net