Majalah Inspirasi BSI

Hujan Es Di Jakrta, BMKG Angkat Bicara

IMG_20170330_111140

Majalahinspirasi.net – Selasa, (28/3/17) Hujan lebat disertai angin kencang dan es terjadi di sebagian daerah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Hujan es bisa terjadi karena perbedaan suhu yang cukup signifikan, serta diiringi dengan kelembaban yang cukup tinggi. Maka, terjadi pembentukan awan “Comulus” yaitu yang di bagian tengahnya lebih banyak mengandung zat padat dibandingkan zat cair. Salah satu ciri akan terjadinya hujan es ketika panas matahari terasa lebih terik pada pagi menjelang siang, maka dimungkinkan pada sore atau malam hari terjadi hujan es.

“Masyarakat tak perlu khawatir tentang hujan es yang terjadi, ini merupakan fenomena alam yang biasa terjadi. Namun, masyarakat juga harus tetap waspada karena biasanya hujan es diiringi dengan angin kencang, maka harus dilakukan pengecekan pada papan reklame di jalan dan pohon – pohon besar yang berumur tua” Penjelasan Hary Tirto Kepala Bagian Humas BMKG.

Hujan es tidak akan terulang di daerah yang sama dan dalam jangka waktu yang singkat, biasanya hujan es memiliki jarak waktu satu tahun untuk dapat terjadi lagi, namun tak dapat dipungkiri bahwa hal itu bisa terjadi, karena semua itu merupakan fenomena alam yang terjadi secara alami.

Saat ini Indonesia sedang melewati musim “Pancaroba” yaitu perpindahan dari musim hujan ke musim kemarau, yang perlu dikhawatirkan saat musim “Pancaroba” adalah intensitas hujan yang lebat disertai badai, kemudian kilatan petir yang cukup sering terjadi.

 

(zulfikar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net