Majalah Inspirasi BSI

LPM INSPIRASI SELENGGARAKAN SEMINAR “PENA JURNALISTIK INDEPENDEN”

foto seminar jurnlistik

Majalah Inspirasi.net | Hari ini (26/11) di aula BSI Pemuda tengah diselenggarakan seminar kejurnalistikan. Seminar kali ini mengusung tema “Pena Jurnalistik Independen”. LPM Inspirasi selaku penyelenggara seminar sengaja mengambil tema tersebut dengan tujuan untuk menyampaikan kepada para peserta seminar bahwa berkarya di dunia jurnalistik bersifat bebas tetapi tetap menjunjung prinsip-prinsip kejurnalistikan. Seminar Pena Jurnalistik Independen ini diisi oleh dua pembicara yang menyampaikan materi berbeda, yaitu Ipung Purwono dan Dwi Oktaviane yang juga merupakan alumni dari LPM Inspirasi BSI.

Selain diikuti oleh mahasiswa BSI dan Nusa Mandiri, seminar Pena Jurnalistik Independen ini juga diikuti oleh masyarakat umum yang ingin belajar tentang dunia jurnalistik. Seminar yang diadakan dari pukul 10.00-16.00 WIB ini mampu menyita perhatian setiap peserta. Hal ini dibuktikan dengan antusias dari tiap peserta saat memperhatikan pengarahan dari tiap pembicara. Seperti saat pembicara pertama, Ipung Purwono yang menyampaikan materi tentang Sinematografi, para peserta begitu antusias saat beliau mempraktekan pentingnya penggunaan cahaya dalam pengambilan gambar yang baik menggunakan peralatan sederhana.

Selain materi tentang Sinematografi, materi kepenulisan juga dijabarkan dengan apik oleh Dwi Oktaviane dalam sesi kedua seminar. Tak hanya menyampaikan materi secara teoritis, wanita yang akrab dipanggil Ane ini juga menceritakan pengalaman-pengalamannya selama terjun dalam dunia jurnalistik yang menjadi pelajaran sekaligus inspirasi bagi para peserta yang mengikuti seminar.

Hal menarik yang ditunggu peserta seminar selain materi dari pembicara yaitu penampilan khusus dari UKM Theater Sapu Lidi dan Akustik dari mahasiswa BSI. LPM Inspirasi sengaja melibatkan  UKM BSI dalam penyelenggaraan acara ini. Para peserta seminar menikmati setiap suguhan penampilan yang diberikan. Theater Sapu Lidi berhasil tampil memukau dengan puisinya dan Akustik dengan lagu-lagunya yang menghibur.

Di akhir acara seminar, LPM Inspirasi mengumumkan para pemenang dari kegiatan lomba yang telah diadakan mulai bulan Oktober silam. Lomba sendiri terbagi dalam dua kategori yaitu lomba kepenulisan dan fotografi. Para pemenang yang juga merupakan peserta seminar dengan semangat menerima hadiah lomba berupa plakat, sertifikat dan uang tunai yang telah disiapkan panitia.  Tak hanya pemenang lomba yang mendapat hadiah, panitia juga menyiapkan berbagai macam doorprize untuk para peserta yang hadir. (SRA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net