Majalah Inspirasi BSI

Pendidikan dan Kebudayaan, Dua Elemen Yang Melekat Pada Fahmi Anak Cimande

images

Bocah berumur sepuluh tahun, dengan kemampuan akademik dan talenta silatnya yang berprestasi, mampu menjadi bibit yang berpotensi bagi Kelurahan Lemah Duhur.

Fahmi Afandi anak kelas 4 di SDN Selaawi ini merupakan siswa yang aktif dan berprestasi di Sekolahnya. Dengan jarak yang tek terlalu jauh dari rumahnya, setiap pagi Fahmi berjalan kaki menuju Sekolah. Sifat ceria dan rajin membuatnya menjadi anak teladan yang tak pernah membuat masalah di Sekolah.“hayo siapa yang bisa mengerjakan soal ini?” tanya Ibu Guru yang sedang menerangkan soal. Dengan sigap Fahmi mengangkat tangan dan maju kedepan menyelesaikanya. Keaktifan Fahmi di kelas terbukti mendapatkan peringkat dua di kelas. Seperti anak SD pada umumnya, kegiatan Fahmi tak lain belajar di Sekolah, mengerjakan tugas Sekolah, mengaji dan bermain dengan teman sebaya. Namun, ada satu aktifitas tambahan fahmi yang dilakoninya.

Anak ke enam dari tujuh bersaudara ini merupakan pelaku Kesenian Silat aliran Cimande Murni sejak 4 tahun lalu. Alasan Fahmi berlatih silat karena Ia ingin seperti idolanya yaitu Bruce Lee. Setiap Minggu Siang hingga Petang, Fahmi berlatih di Padepokan Tunas Muda Indonesia, desa Cimande, Kelurahan Lemah Duhur, Bogor. Padepokan yang sudah berdiri selama tujuh tahun ini menjadi tempat Fahmi melatih ketangkasan silatnya. Tak hanya asal berlatih, berbagai prestasi juga turut Ia raih. Juara 1 Kesenian silat se Kabupaten Bogor dan juara dua festival silat Botani square. Kak Ririn Setianingrum dan Uwa Dharmi adalah sosok penting yang membuat fahmi mendapatkan prestasi. “pertama kali aku belajar teh susah, tapi lama – lama jadi gampang hehehe” Ujar Fahmi sambil tertawa kecil.

Orang tua Fahmi Bapak Wawan Setiawan dan Ibu Ade Maliana yang berprofesi sebagai buruh tekstil, dengan gaji yang pas – pasan. Rojib Assidiq adik kesayangan fahmi juga sudah ikut berlatih silat di Padepokan yang sama, bahkan Rajib meraih juara 3 Festival silat kelas ringan di Botani Square. Sedangkan kelima kakanya sudah bekerja di Jakarta. Cita cita fahmi kelak ingin menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Mengingat prestasi di Sekolah dan silatnya, tak heran jika nanti Fahmi dapat meraih mimpinya. “kalo aku nanti jadi TNI aku bisa punya banyak uang, terus juga bisa membela Indonesia”. Ucap Fahmi dengan semangatnya. (ZUL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net