Majalah Inspirasi BSI

PENDIDIKAN DASAR CALANDRA ADVANTURES (PDCA) XXIV 2016

Pendidikan Dasar Calandra Adventure

Majalahinspirasi.net – Upaya untuk menghasilkan sumberdaya khususnya bagi setiap unit organisasi kemahasiswaan darus diawali dengan pemberian bekal yang baik diawal mereka mengikuti suatu kegiatan. Untuk itu perlulah dilakukan pendidikan dasar yang memadai agar tujuan tersebut dapat tercapai. Seperti halnya yang dilakukan oleh UKM pecinta alam BSI Calandra yang melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar Calandra Advantures Massal XXIV 2016 yang mengambil lokasi di Gunung Salak II, Tarik Kolot, Desa Gunung Malang, Bogor (27-30 Oktober 2016). Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 21 peserta ini merupakan mahasiswa BSI dari berbagai kampus BSI di Jabodetabek yang kesemuanya merupakan calon anggota baru bagi UKM Calandra. “Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan para calon anggota baru tentang medan alam, serta menumbuhkan rasa cinta pada organisasi”, ujar Adit ketua umum Calandra.
Sebelumnya dilakukan upacara pelepasan peserta, kamist (27/10/2016) di kampus BSI Jatiwaringin, yang dihadiri oleh seluruh aktivis Calandra, peserta, serta koordinator bidang kemahasiswaan Slamet Heri Winarno sebagai perwakilan lembaga BSI. Dalam sambutannya Slamet Heri menekankan pentingnya setiap peserta menjaga nama baik almamater selama melakukan pendidikan dasar ini, serta senantiasa menjaga kesehatan, serta bersungguh-sungguh mengikuti setiap arahan dari para senior.
Para peserta pendidikan berangkat Jumat (28/10/2016) pada pukul 05.00 dari BSI BSI Jatiwaringin dan langsung menuju Gunung Salak II dengan diawali dengan long march.
Materi yang diajarkan pada saat latihan meliputi: navigasi darat, pertolongan pertama gawat darurat, manajemen perjalanan, sop pendakian, dan pelatihan diri dan mental. Hari pertama diisi dengan karantina peserta, mereka dibekali dengan materi materi dasar pendakian dan beberapa materi penting lainnya, juga diwajibkan untuk melengkapi perbekalan dan alat wajib untuk pendakian.
Hari kedua hingga terakhir dihabiskan di hutan untuk aplikasi materi, ketahanan mental serta fisik. Hari terakhir seluruh peserta yang mengikuti PDCA dilantik di kampus BSI Jatiwaringin dan disematkan slayer Anggota Muda. Tanda bahwa mereka sudah diakui sebagai Anggota Calandra dengan nama Angkatan yang diharapkan menjadi penyanggaa atau tonggak organisasi yang baru dan kuat
Menurut koresponden Calandra para peserta amat antusias mengikuti kegiatan ini karena berhubungan dengan alam merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi mereka. Alam diyakini dapat menjadi kawan namun di sisi lain juga dapat menjadi lawan. Oleh karena itu kemampuan (skill) bertahan hidup dan cara beradaptasi dengan alam wajib dikuasai oleh setiap peserta pendidikan. Untuk pendidikan dasar kali ini peserta angkatan disebut dengan angkatan SANGGA BUANA. Sukses buat UKM Calandra Adv….!!! (smh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net