Majalah Inspirasi BSI

Peretas Akun Facebook BEM BSI Bisa Terjerat UU ITE

anonymous_masks_616

Akun Facebook BEM BSI diduga diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akun Facebook BEM BSI Diduga Diretas. Pelaku yang membuat akun facebook dengan menggunakan identitas (nama, alamat, foto) korban dengan tujuan agar diri pelaku dan konten yang dikirimkan oleh pelaku dianggap seolah-olah berasal dari korban. Terhadap hal demikian, perbuatan tersebut dapat dikategorikan sebagai “manipulasi Informasi atau Dokumen Elektronik” yang dapat dijerat dengan Pasal 35 UU ITE.

Bunyi pasal 35 UU ITE adalah sebagai berikut:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik”.

Ancaman dari pasal 35 tersebut adalah pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak 12 miliar rupiah (Pasal 51 ayat 1 UU ITE).

Akun Facebook BEM BSI diretaspada saat diketahui setelah tim inspirasi mengkonfirmasi Molky (Ketua BEM BSI 2016) terkait dengan postingan pada 2/12 setelah aksi super damai umat Islam.Postingan tersebut berupa share artikel dari akun Pc PMII Jakarta Pusat yang berjudul “Panggung Jokowi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Majalahinspirasi.net adalah hasil karya dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Inspirasi BSI. Sekaligus sebagai pusat informasi Mahasiswa BSI.

Jalan Kayu Jati V No. 2, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Call: 08121947322
Email: info@majalahinspirasi.net